Cek Kondisi Mesin Melalui Warna Oli

Cek Kondisi Mesin Melalui Warna Oli - Sebagai pemilik mobil, mengetahui dengan tepat kapan waktu yang pas untuk ganti oli adalah hal harus kita perhatikan dengan baik, kenapa? Karena jika telat mengganti oli akibatnya adalah bisa menyebabkan mesin akan cepat rusak. Kalau secara umum yang sering orang lakukan adalah penggantian oli dihitung berdasarkan jarak tempuh kendaraan tersebut.

Namun ada pendapat lainnya, biasanya penggantian oli tergantung jenis oli dan mobil yang digunakan, jika menggunakan oli mobil terbaik maka akan lebih awet. Ada bengkel atau mekanik mobil seringnya menganjurkan setiap 5.000 km, atau ada juga yang 10.000 km sekali. Tetapi kalau mobil jarang kita gunakan, minimal ya sekitar tiap 6 bulan sekali bolehlah dilakukan penggantian oli.

Selain cara itu, ada cara lainnya untuk mengetahui waktu pas ganti ilo, apa itu? Cara uniknya adalah dengan untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya.

- Putih pekat

Penyebab perubahan warna oli menjadi putih pekat biasanya terjadi jika oli tercampur dengan air. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang sudah kurang baik. Sebaikhya segera lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk menghindari masalah mesin yang lebih parah.

- Hitam

Warna oli yang menjadi hitam bisa dikarenakan oleh dua hal. Pertama, akibat kendaraan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh dari biasa Anda melakukan penggantian oli berdasarkan penghitungan jarak tempuh. Kedua, lagi-lagi karena terjadinya kerusakan pada mesin. Segera ke bengkel langganan Anda untuk diperiksa.

- Coklat agak kuning

Warna ini biasanya menunjukkan kendaraan telah menempuh jarak antara 1.000 – 2.000km, sehingga membuat warna oli berubah menjadi seperti itu. Tenang, jika masih berwarna demikian, kendaraan Anda masih dapat dikatakan normal.

Itulah sedikit tips cara cek kondisi mesin mobil dengan melihat warana oli mesin. Semoga saja info ini bisa menjadikan kamu lebih paham megnenai permasalah mobil ya, jangan cuman pakai saja tapi ya sedikit-sedikit ngerti mesin mobil :))